Hai Mblo


Setelah 17 tahun gua menjalani lika-liku kehidupan di dunia yang keras ini. selama 17 tahun ini juga gua bertahan dengan status jombo gua, sebagai seorang siswi SMA di sebuah kota besar.
gua merantau jauh demi mendapatkan pendidikan yang layak demi masa depan gua.

Gua masih inget banget dulu waktu gua mau pergi ke kota metropolitan ini, emak gua gak berhenti-henti memberikan petuah, nasihat, pesan dan wajengan untuk putrinya yang akan menuntut ilmu jauh dari tempat peraduanya, dan serentet pesan yang masih gua inget banget sampe gua harus mempertahankan status singel gua,

“Ra, kamu ke sana buat sekolah, bukan buat pacaran. Cari ilmu sebanyak-banyaknya, jangan cari pacar sebanyak-banyaknya. Perempuan itu harus bisa jaga harga diri, jangan diam aja kalo di colek-colek orang. pinter-pinter jaga diri, hati-hati cari teman, jangan pacaran ! denger Ra, JANGAN PACARAN !!!” begitu seterusnya petuah itu mengalir sejam-dua jam-tiga jam-dan sampe gua tertidur,....dan di akhiri dengan anggukan khidmat dari gua, sedih denger wajengan emak gua itu, bukan, gua bukan sedih karna gak boleh pacaran, tapi gua sedih ngeliat mulut emak gua sampe berbusa-busa nyampein wajengan-wajengannya ke gua.

Dan beginilah gua menjadi seorang singgel sejati- demi masa depan gua,

Suatu ketika, di hari Senin....

Seorang cowok teman seangkatan gua, yang udah gua kenal baik sejak kelas satu dulu, yang dulu waktu kita masih lucu-lucunya abis tamat SMP, masih polos-polosnya sering banget ngapa-ngapain bareng, becanda sampe lupa waktu dan tempat, gak peduli guru marah-marah yang penting kita seneng, (maklum gua masih bego, eh.. polos) awal-awal masuk kita selalu jalan bareng, karna kita emang blom kenal ama anak-anak yang lain, yang dulu sampe sekarang sering gua jadiin tempat curhat dan pelampiasan kalo gua lagi bad mood, untungnya dia seorang anak yang perhatian, baik dan gak pendendam, dan kabarnya dia juga berdarah biru, berotot kaca tulang besi. Karna dia selalu ada buat gua, jadilah dia sering gua omelin kalo gua lagi sebel, kadang gua maki-maki dia diem aja, kadang gua cubitin, kadang juga gua tabokin, kadang juga gua tusuk-tusuk pake pensil terus gua nyalain api bakar sampah sambil guling-gulingin dia di atas sampah *eh... ga segitu amat (bukan pshyco) –sorry panjang amat gua curhat jadi cowok itu, namanya Alvin, tampangnya sedikit mirip Steven Wiliam, makanya gua mau temenan ama dia dan dia juga gak bego-bego amat, karna rangking kita selalu kejar-kejaran dan gua sering maksa dia buat gak belajar, biar rangking gua ada di atas dia-sorry lagi

Kejadian sebenarnya adalah begini, sepulang sekolah...

Waktu itu kita udah kelas 2 SMA, udah beda kelas. si Alvin duduk di luar kelas gua nungguin gua keluar dari kelas “Ra, pulang bareng yuk,” Alvin langsung nyamperin gua ketika gua keluar kelas, gua sedikit heran dengan ajakan ini, karna rumah dia ama kos gua itu arahnya berlawanan dan jauh banget jaraknya, Alvin nyengir kuda,kucing,anjing ga jelas... karna liat gua bengong dengan mulut terbuka lebar banget sampe-sampe makanan yang gua makan siang tadi menggeliat pingin keluar.

“Temenin gua liat-liat barang yuk” ralat Alvin. Barulah gua kembali mingkem dan tersenyum manis sambil nganguk. Sebenernya firasat gua mengatakan bahwa Alvin modus doang minta di temenin liat-liat banrang. bisa jadi aja dia mau minta tolong gua ngerjain tugasnya dia, atau mau minjem uang, atau nyuruh gua ngomong ama temenya yang udah lama dia taksir tapi gak kegaet-gaet juga, kayak yang dulu-dulu, “lu mau minta tolong apaan sih Vin, modus mulu lu” hati gua mulai menerka-nerka.

BINGO ! “teplak” kepala Alvin tersorong ke depan, karna gua toyor,

“dih, elu mah modus mulu nih...” gua langsung turun dari motor tanpa memedulikan ekspresi kagetnya Alvin karna tiba-tiba di toyor ama gua.

Tiba-tiba sebatang coklat mendarat di pangkuan gua, dan Alvin duduk di samping gua. Tanpa Ba-Bi-Bu lagi, coklat yang ada di tangan gua langsung terlepas dari kotaknya. “jadi sebenernya lu mau minta tolong apaan ?” gua ngomong sambil asik makan coklat dari Alvin. Ada keanehan yang gua tangkap dari Alvin hari ini, dia lebih banyak nyengir dengan makna entah apa dan sulit gua tebak itu jenis cengiran apa dan siapa, apakah dia baru belajar nyengir versi baru? atau ada hewan jenis lain yang nyengir kayak gitu. Alvin yang ini beda 180 derajat sama yang gua kenal sebelumnya, biasanya dia bakal banyak ngoceh dan banyak berkelakar garing tentang apapun. Dan akhirnya menimbulkan tawa hambar dari gua, walau sebenernya gua pingin ketawa ngakak ampe jungkir balik karna liat ekspresi kecewanya dia yang selalu gagal buat ngelawak. apakah dia kesambet ? Gua mulai mempertanyakan itu dalam hati.

“lu kok ga berubah sih Ra,” kata Alvin datar, tatapanya lurus ke arah sebrang danau.

“lu mau gua berubah ? gak sayang apa? Kehilangan temen super kayak gua?”

“sayang,” Alvin nyengir lagi. Gua mandangin dia aneh, kayak ngeliatin kucing punya tanduk.

“lu kenapa sih ? sakit ?” gua menjulurkan tangan yang belepotan coklat ke keningnya dia, dan berhasil membuat kening itu seperti lahan berlumpur. Dan ternyata benar, kening itu terlihat tidak seperti keningnya orang normal setelah gua pegang.

“ihh, jorok lu” dan akhirnya candaan gua berhasil membuat kita berdua ngakak. “gua mau ngomong srius Ra,” Alvin akhirnya ngomong serius juga di sela tawanya yang udah kayak buyut gua. Gua mulai mendengarkan serius, membesarkan mata, menajamkan pandangan, melebarkan telinga, menegakkan tulang punggung dan diam.

“Ra, kita kan udah lama nih kenal, lu udah taulah gimana gua dan gua udah tau banget elu gimana. Emmm... gua ngerasa kalo kita itu cocok. Gua pingin kita lebih serius Ra,” Diam sejenak, ngeliat gua yang udah kayak patung. Sebenernya air mata gua pingin ngucur, bukan karna terharu, inget tadi gua membesarkan mata, mendengarkan, *tanpa berkedip. Dan akhirnya air mata itu mengalir, sepintas peristiwa ini seperti adegan-adegan di sinetron.. “Ra,” Alvin menatap gua dalam.

“Hahahah...” akhirnya gua ngakak gede pake banget ampe guling-guling, ngucek-ngucek mata gua yang pedih dan menyebabkan gua hampir kecebur. Gua tambah ngakak liat ekspresi Alvin yang bengong-melongo-heran dan campur-campur. Tapi dia diem aja sampe gua bener-bener berhenti ngakak. Dan gua langsung senyum maksa banget, jadi gak enak situasinya, gua bingung mau ngerespon apa, gua udah terlanjur ngakak, apakah yang tadi itu dia becanda, gua gak tau juga. “Vin, itu lucu banget,” dengan begonya gua ngacunngin jempol ke Alvin yang malah terlihat kecewa.

“Rara, gua serius... lu gak harus nganggap semua yang gua ucapin guyonan kan Ra ? gua emang sering ngelawak garing, yang malah buat elo ngasih gua tawa hambar lo itu sebagai penghargaan karna udah gagal, tapi yang ini gua seriu Rara,” Alvin ngomong pake perasaan banget dan gua baru sekali ini ngeliat ekspresi Alvin yang kayak gini. dan kejadian kita seolah sepeti dalam acara termehek-mehek. Dan gua mulai memutar otak buat menjawab pertanyaan Alvin yang kalo gua jawab iya, gua berarti udah melanggar wasiat emak gua. Otak gua terus berputar-berputar.... Dan berputar...

“Alvin, gua pikir selama ini gua udah serius jadi temen lu, yang selalu ada buat lu, dan lu selalu ada buat gua, apa lu pikir itu main-main? Itu serius Vin, gua seneng punya temen kayak lu, selalu perhatian, gak bawel dan gak suka ngatur. Dan gua rasa, elu itu udah lebih banget. Gua gak perlulah capek-capek nyari pacar, terus putus dan gua musti nangis semingu dan diam 30 hari terus berusaha buat move on... cari lagi, gua udah seneng dengan keadaan sekarang. Gak ada yang mengikat dan gak ada yang bakal putus, gak ada yang namanya maksain kehendak, gak ada cemburu kalo liat lu sama yang lain, lu gak musti selalu ada tiap malam minggu, selalu nanyain kabar gua, perhatian ini-itu, dan gak perlu ngajak gua makan tiap hari, gua seneng kayak kita yang sekarang ini, semuanya natural gak ada yang di buat-buat, gak usah perlu takut salah ngomong karna takut di putusin atau apalah... semua ini berjalan emang sesuai dengan gimana mestinya.” Gua tertegun setelah ngomong panjang kayak tadi (prok...prok...prok...) ternyata gua emang super, Sorak-sorak bergembira tepuk tangan yang meriah memenuhi ruang jiwa gua, karna telah berhasil mengeluarkan kata-kata bijak dan lagi-lagi membuat Alvin menatap gua dengan tatapan yang gak bisa gua tebak. “kita teman, oke?”gua mengulurkan kelingking ke Alvin, serasa kayak di filem-filem. Tapi Alvinya masih diam. Mungkin dia shock dengan jawaban gua, yang pasti gua gak tau persis, apakah dia shock karna gak nyangka gua bisa sebijak ini, atau shock karna cintanya bertepuk sebelah tangan.(ini saran gua kalo kalian emang beneran mau nyingel, berkata-katalah sebijak mungkin yang bisa buat tu cowok terpesona dan terpaksa nge-iyain kata-kata kalian)

Satu menit berlalu, Alvin belum menyambut kelingking gua yang mulai encok pegelinu, dan akhirnya gua pasrah menerima kelingking sebelah tangan. Gua bangkit, tanpa sambutan kelingking Alvin.

“udah sore nih,” gua langsung berdiri dan jalan aja menuju motornya Alvin.

“Teman” Alvin mengulurkan tanganya, ngajak gua salaman. Gua heran, gua kasih kelingking, dia kasih lima jari, tapi gua sambut juga jabat tanganya Alvin “kelingking terlalu lemah, liat tuh tadi, baru semenit aja udah kalah”. Dan begitulah cerita pertama kali gua di tembak ama cowok, yah... dia Alvin temen gua yang udah gua anggap sodara, dan akhirnya gua tetep menjanda, eh,.. Tetep menjomblo, karana gua rasa singel itu emang lebih oke dan lebih keren dari pada terikat ama status pacaran yang memilukan itu, kalian mau bukti lebih lanjut ? Mari ikuti cerita gua....

Beberapa hari belakangan ini, gua sempat berfikir. “Enak juga kali ya kalo punya cowok, kalo ke mana-mana ada yang nemenin,kalo boring ada yang mau di hubungin, kalo pingin ini itu ada yang beliin, terus tiap hari ada aja yang ngucapin sayang” Pandangan gua berubah setelah melihat teman sekos gua yang selalu happy setelah jadian ama kenalanya di facebook, dan untungnya dia dapet cowo yang tajir, cakep, perhatian dan royal. Itu yang penting hehe.. Maklum gua cewek.

Setelah merasakan ada perubahan dari cara pikir gua, gua mulai intropeksi diri, mulai mencari kebenaran dan kesalahan otak gua. Sebenernya kalo gua emang pingin banget pacaran itu bukan hal susah buat gua, karana ya... Secara gua punya tampang yang lumayan bisa ngalahin cinta laura, dan gua punya peluang besar banget karna gak sedikit juga yang pingin deket ama gua, tapi guanya aja yang menutup diri dari mereka semua, karana gua pikir kayak gitu buang-buang waktu. Dan karna gua juga selalu inget pesan emak gua. Tapi setelah gua menjalani hari-hari sendirian tanpa kekasih, gua mulai jenuh dan pingin juga ngerasain di perhatiin di kasih kejutan ini itu dan lainya.

Tapi lagi-lagi malaikat yang bertahta di jiwa gua menasihati gua, dia selalu baik hati buat menapilkan wajah emak gua dengan taring dan mata merah yang akan siap menerkam gua kalo tau gua pacaran. Dan setelah gua merenungi otak gua yang mulai karatan ini, gua menemukan pencerahan, dan ternyata pencerahan ini membuat gua lebih baik, lebih di perhatiin, dan lebih-lebih lainya... Kalian pingin tau gimana cara gua ? Bisa ngerasain asiknya jadi jombo, bahkan gua ngeras lebih baik dari mereka yang pacaran, selain lebih terhormat juga.

Pertama-tama gua merubah sikap gua ke cowok-cowok yang udah lama pingin PDKT sama gua, gua mulai openin mereka, dan gua berusaha mengingatkan mereka semua tentang gua yang gak mau pacaran, dan gak di bolehin pacaran, susah sih sebenernya tapi karna merekanya naksir gua, gimana mau bantah ? Hehe... Jadi ngatur hidup orang gitu ya,.. Dan beberapa ada yang mulai ngasih gua hadiah-hadiah kecil gitu, karna ucapan terima kasih gua udah mau deket sama dia, kaya cokalat, boneka, aksesoris lucu gitu, tapi sebagai wanita terhormat, dan wanita yang pingin selalu menjaga martabat dan harga diri, dan karna gua juga gak mau di gosipin yang enggak-enggak sama temen-temen. Awalnya gua nolak, ya malu-malu Tikus gitu, dan gua bilang, gua gak mau PHPin orang, gua gak mau karna barang-barang yang dia kasih, gua malah segan sama dia dan ngerasa utang jasa. tapi ya namanya udah kecantol, demi yang di cinta bumi dan seisinya bakal di persembahin buat yang di cinta, iya gak ?

Kebahagian gua gak cuman sampai di situ aja, mereka gak cuman stop di ngasih hadiah-hadiah kecil, tapi ada yang ngajak gua jalan, ya jalan- jalan ala temen doang sih, dan yang ngajak gua jalan ga cuman satu orang aja, *ciehh... Ternyata gua laku banget di pasaran,. Dan lu tau cerita cinta temen kos gua yang baru dapat gebetan itu ? Ternyata kisah cinta dia gak seindah kisah jombo gua ini. dua minggu setelah jadian, dia dateng ke kamar gua, nangis kejer banget, ingus meler ke mana-mana, itu udah gak keliatan lagi yang mana maskara, celak dan belek. Tanpa gua komandoi dia langsung cerita teriak-teriak, jambak-jambak rambut dan histeris banget, gua ampe sempat berfikir buat nelfon rumah sakit jiwa,

“gua benci sama Dika, Ra... Gua..benci... Ternyata dia jadin gua pelarian dari mantannya, gua benci Ra, dasar cowok bego, munafik, sialannnn !!!” dan sumpah serapah itu berhamburan di depan muka gua, seolah-olah gualah Dika, cowoknya itu.

“sabar...sabar...” gua gak tau musti ngomong apa buat nenangin dia, gua panik sendiri liat dia udah rada gak waras gitu, “kalo gitu putusin ajalah Li, lagian cowok gak cuman dia ajakan” gua pkir kalimat gua itu bakal nenangin dia, “APA LU BILANG ?!” gua kaget setengah idup dapat jawaban gitu dari Lila, “ga bisa Ra, hik..hik.. (narik ingus) gua udah sayang banget sama dia”

ngeek ! Terus gua musti ngapain? Heran juga gua ama kisah percintaan ini, “yaudah deh terserah, makan tu cinta” dalam hati gua ngumpat-ngumpat sendiri. Seminggu setelah kejadian si Lila nangis-nangis itu, dia selalu terlihat murung, gak bersemangat, mogok makan, sering ngelamun, kadang nangis sendiri. Dan gua baru sadar ternyata pilihan yang emak gua paksa dan gua ambil ini adalah hal yang paling bener, tali percintaan itu ternyata ngefek banget ke kejiwaan kita, dapat menyebabkan kegalauan berkepanjangan. kalo udah kayak Lila itu kita musti ngapain coba ? Masa gua musti datengin pacarnya dan minta dia tanggung jawab ? Gak lucukan, seolah-olah Dika udah ngamilin dia, dan akhhirnya Lila sadar juga setelah satubulan kemudian. Tragis memang.

Dan ada lagi asiknya menganut cara hidup jomblo kaya gua ini, tiap malam minggu, ada aja yang ngajakin gua jalan, entah itu nonton barenglah, atau ngerjain tugas bareng, atau sekedar buang hajat di Mall. Ya karna status gua yang gak terikat sama siapapun ini, gua tinggal milih, kadang sangking bingungnya gua undian dulu, ntar gua tulis nama mereka di kertas, terus gua gulung-gulung, baru deh entar di cabut, kayak main jula-jula gitu. Lagian kalo gua nolak gak bakal marahlah mereka, lagi siapa elu ? *hehe kejam juga yah gua ini, tapi bagaimanapun gua tetep menghargai perasaan mereka ke gua, dan gua tetep menjaga adab gua sebagai wanita terhormat.

Ada nih cerita lucu dari Alvin, suatau malam Alvin NgeBBM gua, dia bilang dia baru pulang dari kosnya Rafi temen SMPnya dia. Kata Alvin, si Rafi itu pulang dari jalan ama ceweknya langsung naik ke atap kos terus guling-guling kayak orang kerasukan, teriak-teriak gak jelas, “Vin, gua mau mati aja Vin, buhuh Vin...bunuh...” dan dengan sigap Alvin ngambil sember air ke kamar mandi dan langsung guyur si Rafi yang keliatan udah kayak cacing gila, tapi ternyata satu guyuran ember tidak mempan, jaadi lah Alvin kembali ke kamar mandi buat ngambil air, dan si Rafi belom berenti juga, “LO KENAPA SIH ?” Alvin mulai capek bulak-balik ngambil air. dan akhirnya si Rafi cerita juga. ternyata si Rafi punya pacar yang sangat dia kasihi dan cintai segenap hati dan jiwa, tapi ceweknya ini punya kebiasaan yang gak Rafi suka, ya itu ngupil kalo lagi di jalan. Rafi udah mencoba buat ngubah kebiasaan jorok cewenya itu, mulai dari nyuruh ceweknya pake sarung tangan dan masker kalo berpergian, ampe-ampe dia pernah ngikat tangan ceweknya biar gak ngupil sembarangan. Dan akhirnya Rafi frustasi, dia cinta banget sama tu cewek, dan ceweknya juga gak mau di putusin Rafi, karna mereka udah punya janji sehidup semati katanya *yang ini rada mual ya* dan Rafi milih mati aja, karna gak mau ngelanggar janjinya yang sehidup semati. Dan di akhir cerita si Alvin bilang gini, “Ra, untung aja kita gak jadian ya, kalo kita jadian mungkin gua juga bakal milih mati aja, karna punya cewek yang aneh kaya lu” *jleb, gua langsung haus darah dan pingin makan manusia, kalaulah gua bisa terbang, rasanya gua pingin datengin tuh si Alvin buat bunuh dia.

Dan beginilah kisah menjomblo gua,... Buat gua jomblo is never die, gak ada yang musti nguras otak gua selain pelajaran. cukup belajar, jadi pinter dan ngebahagiain orang tua. Gua gak pernah tuh ngerasa bener-bener kesepian karna gak pacaran. masalah sepi itu mah, pinter-pinter kitanya gimana ngisi waktu dan pinter-pinter kita dalam bergaul,. Dan menurut gua, pacaran itu hanyalah permainan cinta yang endingnya kandas juga, ya untung-untung kalo sampe nikah, lagian ga asik kali kalo nikah sama orang yang udah pacaran sama kita bertahun-tahun, dia udah tau elu dan elu udah tau dia, gak ada yang secret, gak ada yang buat penasaran lebih, gak ada malu-malu kucingnya pas awal-awal nikah, iya gak sih ? Yang asiknya itu, nikah ama orang yang sama-sama gak tau, kan jadi banyak kucing-kucinganya, jadi banyak momen-momen baru yang lucu dan nggak terlupakan, eh, kok gua jadi cerita nikah yah,.. -maaf,..

Ya intinya itu deh, jomblo itu gak bakal buat kita ngenes dan mencoba buat bunuh diri.. Bahkan kita bisa deket sama semua cowok yang kita mau, tapi inget jangn kelewatan, jangan jadi kucing dalam sarung ! Inget !

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hai Mblo"

Posting Komentar