Aku sih No

 
Aku seorang mahasiswa semester 5 di sebuah kampus swasta di kota kelahiran ku, Depok. Aku terlahir dari keluarga yang biasa-biasa saja, tidak begitu fanatik dengan agama, Seperti halnya beberapa teman-teman di kampus yang memang terlahir dari keluarga berlatar belakang tarbiyah. Sejak kecil mereka di didik dengan nilai-nilai keislaman. Sedangkan aku? Tidak. aku menemukan jalan ku sendiri di tengah terjangan badai dunia di masa remaja ku.

Bermodalkan niat pingin berubah jadi lebih baik, akhirnya saat kelas 1 SMA aku ikut ke dalam organisasi keislaman di sekolah. Dan di sana aku bener-bener ngerasain hijrah itu gak segampang ngebalikin telapak tangan. Aku ngalamin sepak terjang yang akhirnya buat aku trauma deket-deket sama perempuan. Eh, engga. Itu buat jaga diri aja. Makanya ga mau deket-deket. Lagian emang ga boleh deket-deket juga.

Mungkin karna level tampang yang masuk urutan atas di sekolah. jadilah banyak anak-anak cewe yang cari perhatian. Mulai dari sering nanya soal atau diskusiin pelajaran di sekolah, ngechat pagi-siang malam nanyain apa aja yang bisa di tanyain, banyak yang kirim-kirim salam, ada yang ngasih barang-barang kecil gitu juga, ada yang pernah coret-coret meja ngelopein nama aku di meja. Banyak banget deh kejadian-kejadian lucu pas SMA itu. Di tambah lagi saat itu aku terpilih menjadi ketua OSIS, ahh keleyer aku ngurusin yang kaya gituan.

Karna dari awal aku udah niatin buat berubah, jadi aku say hello-in aja cewe-cewe yang mau PDKTin aku. Ternyata di mata temen-temen, aku gak seharusnya kaya gitu. Aku mulai sering di katain PHP sama mereka, di bilang gak peka, di bilang sok cuek. Dan yang ngatain kaya gitu gak Cuma temen cewe doang, yang cowo juga bahkan ada yang ikut-ikutan. Aku jadi tambah takut, apa si cowo ini juga naksir aku? Atau mereka udah buat konspirasi anti ilham? Ah, pada titik itu aku benar-benar bingung harus bertindak kaya gimana.

Dan di kelas 2 SMA juga, saat aku masih menjabat jadi ketua OSIS seorang temen cewe yang PDKTin aku mungkin udah sangat-sangat-sangat-sangat bosan aku cuekin. akhirnya dia ngasih pertanyaan yang mengharuskan aku buat jawab, jadian apa engga? Dan. Aku milih buat nolak. ga mau terima pertanyaan dia, karna kalau di jawab iya, ga mungkin. Dan kalo dijawab engga, nyakitin. Lalu ? dia kecewa dan cerita ke teman-teman sambil nangis di depan kelas, kalau aku udah PHP-in dia. Drama yang sangat menyedihkan.

Naik ke kelas 3 SMA aku masih berusaha tetap konsisten buat ga pacaran. Dan mau tetep konsisten jadi pribadi yang lebih baik. Di sana ceritanya ada adik tingkat cewe yang semangat banget mau ikutan Rohis. Karna keadaanya emang sedikit banget cewe yang minat ikutan rohis, jadi aku usahaiin buat bantu dia. dan bilang suruh sekalian ngedata teman-teman lainya yang mau ikutan rohis juga. Dari sana ternyata ada hawa-hawa yang ga enak, bisaikan dari kanan-kiri mulai menggoda. Ini bisikan nyata dari teman-teman seangkatan yang cowo maupun yang cewe. Kita jadi sering di kait-kaitkan, jadi sering di becandain sama temen-temen, aku selalu di sama-samain sama dia. Dan belakangan aku baru tau dari seorang teman, ternyata dia naksir aku. Setelah tau gitu, aku menjauh dari dia, mulai jarang balas pesan. Sering ngehindarin ketemu atau ngobrol di sekolah. Tidak lama berselang dia mulai ngatain aku PHP. yang aku bingungkan dari mana PHPnya? Aku pernah janjiin apa sih sama dia? Pernah ngasih harapan apa? Sampai-sampai ada yang nge-cap aku dengan label badboy. Mending kalau bandboy.

Waktu itu aku lagi futur-futurnya, lagi males-malesnya, karna abis lepas jabatan. Dan gak ada kesibukan selain belajar buat UN. Dan dalam keadaan yang membingungkan itu, aku ngambil satu keputusan yang salah banget dan aku nyesal banget ngambil keputusan itu. Aku tembak dia, pacaran bentar. habis itu di putusin. setelah seminggu aku pacaran sama dia, aku bener-bener putusin tu cewe dan itu juga karna di ingetin sama seorang teman.

Seorang guru pernah bilang ke aku dan teman-teman cowo “kalau ada yang nge-chat, ngegoda dan lain-lain jangan di hiraukan. Toh dulu yusuf juga pernah di goda oleh zulaikha. Seandainya nabi yusuf tidak melihat tanda dari Allah. Mungkin bisa saja nabi yusuf khilaf. Yang perlu kalian lakukan sekarang ini cukup jadi soleh. Perempuan pasti bakal banyak yang mau. Siapa coba yang ga mau di ajak masuk ke surga?”

Well, setelah itu aku udah gak pernah lagi balas chat cewe kalau ada yang nanya-nanya hal ga penting. Aku mulai benar-benar menyibukan diri ke kegiatan yang nguras waktu. Ya, walaupun pernah terbersit “enak kali ya kalau ada yang selalu nyemangatin tiap sibuk-sibuknya ngurus kegiatan dan organisasi.” Tapi cukup udah. aku belajar dari pengalaman, aku senang kaya gini. Sibuk ngurusin diri sendiri dan ngelakuin hal-hal bermanfaat buat orang lain, ga perlu buang-buang waktu buat mikirin pacar, ga perlu keluar uang banyak buat neraktir ini-itu dan ga bakal ada air mata yang jatuh karna hal sepele.

Walaupun kadang mama di rumah sering becandain aku “ham, kapan punya pacar? Suruh bantuin mama nyuci piring sini.” aku jawab aja sambil becanda juga “iya ma, ntar ilham bawain istri sekalian. Biar permanen bantuinya”.

Selama aku tertatih-tatih berjalan menuju cahaya, ada seorang teman yang selalu jadi pemback-up setiap kali aku lalai dan lupa arah. Kita selalu saling ingat-mengingatkan. saat dia lalai aku yang bakal nguatin dan ngingatin begitu juga sebaliknya. Salah satu kejadian nya waktu aku pacaran kelas 3 SMA itu. “udah ham, inget ama komitmen lu di awal. lu kan yang bilang Cuma sebentar. Tapi ini udah hampir satu minggu, lu malah makin nambah dosa kalo di ulur terus.”

Ada yang bilang pacaran ga pacaran itu pilihan masing-masing orang. Ya ga salah sih, neraka atau surga itu juga pilihan. Tapi kalau pembahasanya mau di kuliti, jelas pacaran ga pacaran itu bukan pilihan. Karna faktanya jin dan manusia di ciptakan hanya untuk beribadah kepada Allah.

“terus apa hubunganya ama pacaran?” konteks ibadah di sini ga Cuma solat, puasa, zakat, haji. Tapi menjalankan perintahnya dan menjauhi laranganya. “kalau pacaran apa yang di langgar?” yang di langgar adalah perintah untuk menjauhi zina. Karna pacaran itu semua unsurnya adalah dosa. Dan konteks zina itu ga Cuma apa yang di artikan secara umum dalam kamus besar bahasa indonesia. Zina itu ada banyak macamnya, ada zina hati, zina mata, zina fikiran dan lain-lain. Terus mau bantah apa lagi?

Manusia itu emang ga ada yang sempurna. Pada unsur bahasanya aja, manusia yang berarti insan di ambil dari kata nasia yansa yang berarti “lupa” yang sempurna itu adalah agamanya bukan orang-orang yang ada di dalamnya. Sampai detik ini aku juga masih sering lupa diri, masih sering lalai. So, apa yang aku lakukan? Aku bakal nonton film siksa Neraka buat nge-upgrad lagi keimanan. rada aneh ya. Tapi gapapa, kita punya cara yang berbeda buat mengembaikan diri kita ke jalan yang benar.

Lebih baik melakukan sesuatu yang aneh di pandang manusia tapi baik di pandang syariat, dari pada melakukan sesuatu yang baik di pandang manuisa tapi buruk di pandang syari’at. Aku mulai belajar untuk menjadikan syariat islam sebagai patokan dalam berprilaku. Walaupun jatuh bangun untuk tetap istiqomah. semoga Allah menjadika usaha itu sebagai sebuah amalan sepecial yang bisa aku persembahkan kelak pada -Nya


“Aku pernah masuk ke dalam gemerlap kemilau cahaya dunia yang melalaikan. lalu aku sadar bukan bagaimana kecilnya kesalahan yang aku lakukan, tapi bagaimana besarnya dzat yang aku tentang”

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aku sih No"

Posting Komentar