Buat Kamu Bisa Nulis

Banyak yang bilang nulis itu susah. Gak nemu inspirasinya. Takut jelek bahasanya dan seabrek kendala-kendala lainya.
Satu hal yang mungkin teman-teman lupa. Kita selamanya tidak akan bisa melakukan sesuatu kalau kita gak coba.
Kalau ada niat mau nulis, jangan fikirin inspirasi, jangan fikirin tulisanya ntar bagus apa engga, jangan fikirin bakal di terima sama media apa enggak.
Nulis ya tinggal nulis aja. Kita gak bakal tau tulisan kita bagus atau engga. Bisa di muat di media apa engga. Kalo tulisanya aja gak ada.

Cobalah menulis dari hal-hal ringan. Kalau kata seorang rekan yang mantan reporter media lokal.
 "jangan buat tulisan terlalu panjang, orang bakal capek bacanya"
Temen-temen bisa nulis maksimal 300 kata. Sedikitkan? itu cuma satu halaman loh.

Menulis itu berbicara, berkomunikasi, menyampaikan. Cuma sarananya aja yang bereda.
 Ini sedikit tips buat nulis

1. Buat pertanyaan
Untuk lebih mudahnya. Temen-temen bisa buat pertanyaan-pertanyaan ringan yang nanti akan temen-temen jawab sendiri. Tentang ngantuk di kelas misalnya.  Gak perlu yang ilmiah-ilmiah,
ex: Jam berapa biasanya ngantuk di kelas? Pada saat pelajaran apa? kenapa bisa ngantuk? gimana supaya gak ngantuk?
inget nulis itu berkomunikasi. Anggap aja kita lagi ngobrol sama temen.

(Kalo udah siang bolong biasaya banyak mahasiswa yang suka ngantuk di kelas. Bahkan ada yang secara terang-terangan tidur. Apa lagi kalau pelajaranya tentang sejarah. Berasa di dongengin deh sama dosen. Biasanya kalo mahasiswa ngantuk tuh alesannya banyak banget. Yang begadang ngrjain tugaslah. Yang belum sempat ngopilah. Yang gak suka pelajaranlah dan lain-lain. Nah saya akan memberikan tips gimana caranya supaya gak ngantuk dikelas ala saya dan bla bla bla)

2. Membaca
Kenapa membaca?. Mungkin udah bisa buat pertanyaan-pertanyaanya, tapi bingung harus dari bahasa yang mana?. Kalau temen-temen mau nulis berita. Coba baca berita dulu. Agar tau seperti apa berita itu. Lalu tiru gaya bahasnanya sesuai berita yang temen-temen baca. Kalau mau nulis artikel coba baca artikel dulu. Disimpulkan tiap paragrafnyaa satu persatu. Supaya temen-temen tau dan bisa ngikutin pembahasanya di setiap paragraf.

Pentingnya membaca itu adalah, memperbanyak kosa kata. dan memberikan inspirasi.

3. Ceritakan
Seperti yang sudah di katakan sebelumnya. Bahwa menulis itu adalah berbicara. Jadi ya ungkapin aja. Misalnya temen-temen suka main COC. Coba ceritakan kenapa temen-temen bisa suka main COC. Kalo lagi ujian di kasih soal esey tentang "coba jelaskan !." Bisa nulis sampe berlembar-lembar. Masa buat ceritain sesuatu yang di sukai engga?. Nah, pelajaran-pelajaran yang pernah teman-teman pelajari juga bisa di jadiin tulisan. Dengan cara merangkumnya dan menceritakan dengan bahasa yang ringan.

Mau sepanjang dan semenarik apapun aku ngasih tips dan trik buat nulis. Kalo temen-temen cuma modal pengen tapi gak action ya sama aja bohong.

Jadi, Cara agar bisa menulis adalah dengan memulai untuk menulis. Setelah baca tulisan ini Temen-temen masih ga nulis?. Berarti emang ga pengen buat nulis.

Liat nih gak jelaskan tulisanya?. Tapi jadi. Masalah bagus atau engga. Ya, bodo amat. Yang penting tersampaikan apa yang mau disampaikan. Nanti setelah terbiasa, kita bakal ngerti sendiri kok tentang si menulis ini.

Menulislah seperti gaya bahasa temen-temen berbicara. Supaya gak kaku menyampaikanya. Dan gak aneh kalau dibaca sendiri.

Oh iya, jangan terlalu bepatokan sama EYD, kalo tulisanya mau di muat di media. karna mereka punya tim editor yang bakal benerin tulisan yang salah-salah.
Eh, tapi jangan percaya deh. ntar malah di tabrak-tabrak EYDnya.

Diterima atau engga sama media itu urusan belakangan. Urusan depanya. Buat dulu tulisanya.

Sekian,. Tau gak sih ini aku nulis di atas kereta?. Ya, ga penting sih mau bilang aja. Terimakasih telah membaca.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buat Kamu Bisa Nulis"

Posting Komentar