Petualangan Skripsi (3)



Setelah berjalan 4 bulan, sampailah pada BAB kesimpulan dan saran. Alhamdulillah. Selama beberapa waktu aku ga sempet buat konten blog. Kenapa ga sempet? karna Aku suka kurang fokus kalau ngerjain beberapa hal serius berbarengan. Yang lagi ikut 30 hari bercerita juga sebenernya udah ga se-excited dulu. Jadi akhir-akhir ini keseharianku udah kaya orang kerja kantoran, bedanya kantornya dirumah, dalam kamar. Bangun tidur buka laptop skripsian, sampe tengah malam baru tidur dan kadang laptop sering lupa dimatiin, sebab ketiduran. Temen sekelasku cerita, dia satu kosan 8 orang tapi cuma ketemu kalo lagi solat sama makan doang, selebihnya ya pada sibuk skripsian. Buat sidang pertama emang butuh efort yang gede ternyata. Udah kaya zombie rasanya tiap liat mata tuh, ga karuan. 😴

Terakhir cerita tentang petualangan skripsi, Aku di acc ngerjain BAB 4. Selama ngejalanin ritual pengumpulan data dan lainnya Alhamdulillah, Allah permudah. Alhamdulillah banget. Setelah waktu itu di kontak oleh General Manager Objek dan janjian ketemuan buat wawancara. Alhamdulillah prosesnya juga mudah, disambut baik. Masyaallah banget si GM ini, humbel, penuturannya selalu disertai dzikir-dzikir sebagai rasa syukur atas pencapaian yang sudah bisnisnya dapatkan. Singkat cerita ternyata setelah dapatin semua data buat ngerjain BAB 4 dan 5. Allahuu ujian banget males ngerjainnya, sebenernya kalo aku ngerjainnya serius sehari dua hari pasti selesai, sebab aku ngerjain sambil males-malesan jadilah baru terselesaikan setelah hampir 3 pekan setelahnya. Berhubung aku juga harus minta data ke DISPORYATA kota Depok. dan baru sempat masukin surat setelah BAB 4 dan 5 selesai, itu saran dari Dospem 2 juga sih. Di Dinas Pariwisata itu begini ceritanya, setelah 4 hari masukin surat, aku datang lagi untuk menagih data, alakulihal ternyata data yang aku butuhkan memang tidak ada, si ibu bagian umum bilang “Maaf ya Mba, harusnya datanya memang ada Mba, tapi ga dikerjain sama bagiannya. saya udah sering ngingetin, tapi ya kemampuan saya cuma ngingetin, kalo ga dikerjain ya gimana, ini juga laporan tahun 2018 dicoret-coret karna datanya ga benar. Padahal uang PAD masuk ke mereka, gede ini uangnya ngurus beginian. Tapi ga dikerjain. Ini juga baru ganti sekda, semoga aja nanti kedepannya lebih rapi pendataanya. Susah mba kalo mau cari data begitu, mending jangan deh mba, atau mba datang ke objek wisatanya masing-masing, ya tapi memang ada yang welcome, ada yang engga juga” ucap si ibu meluahkan isi hatinya sambil melihatkan bundelan tebal yang terbuka diatas mejanya. “iya deh bu gapapa, datanya buat penguat kok bu, bukan jadi data inti. Fokus skripsi saya juga bukan ke datanya tapi ke fawa, kebetulan objeknya D’kandang” jawabku “Ohh D’kandang. Bagus itu, welcome mereka, datanya rapih juga tiap laporan. Itu kan pak Sugeng alumni Gontor” dalam hati (hoalah, pantes aja) akhirnya setelah berbasa-basi aku pamit. Dalam hati, serem juga ye, buat data-data urgen gitu aja ga ditanganin, padahal emang udah tugasnya, bahkan buat data jumlah objek wisata juga ga kedata dengan benar duhh duhh. 

Bimbingan selanjutnya setelah rapih semuanya, aku udah pede aja pagi-pagi ke kampus. kayanya acc deh. Bimbingan pertama kebetulan dengan Dospem dua setelah dicek-cek lagi beliau bilang “saya khawatir ini jadi ga objektif kalau ga pakai kuesioner” dalam hati (Ya Allah pak, kenapa baru ngomong sekarang) “tapi pak, saya pernah tanya ke dospem satu, beliau bilang datanya cukup dengan wawancara” sanggahku “kamu cari tau lagi deh ya, coba pastikan dulu. Kalo ternyata ga objektif kamu buat kuesioner” sedih sih aku. mungkin waktu itu mataku sedikit berkaca-kaca dan bapaknya liat terus ketawa. “semangat ya, bisa ini insyaalah sidang pertama” kata beliau.

Sehari setelah bimbingan dengan dospem dua aku bimbingan dengan dospem satu, janjian jam 13.30 beliau bilang mau rapat dulu, katanya "hubungi saya sebelum jam segitu, mungkin sudah selesai rapatnya" Duhh, salahnya aku, makan siang lama banget, bukan makanya yang lama. Dengerin curhatan temenku, ga enak mau nyetopnya. Balik lagi ke kamar jam 13.20. liat HP panggilan masuk dari dospem, beserta chat “5 menit lagi saya tunggu ya diruangan. Saya mau pergi” chat itu dikirim jam 13.00. segera ku balas chatnya “yah pak maaf, baru liat HP, udah ga di sebi ya? (pake emot sedih) ☹️ “kira-kira kapan lagi pak bisa bimbingan?” satu menit kemudian “Jadi mau bimbingan gak?” “Jadi pak” aku segera bergegas ke kampus, untungnya kosan ku dekat kampus. Saat bimbingan beliau bilang “Jangan dibuat susah ya logika berfikirnya, tanpa dianalisis juga ini kan udah ketauan,......ga perlu pake kuesioner” Alhamdulillah. “Pak daftar sidang udah dibuka, hari ini. Kira-kira saya bisa ikut gelombang pertama ga ya?” tanyaku iseng-iseng “ya terserah kamu. Kalau udah pede saya tandatanganin, kapan mau daftarnya?” tanya beliau “eh, jangan sekarang deh pak, saya revisi dulu” bimbingan selesai dengan hati senang walaupun pulang gerimis-gerimisan. 

Alhamdulillahnya aku udah ga males-males lagi skripsian, tiap hari kerjanya revisisan. Sehari setelah bimbingan dengan Dospem satu aku ngchat lagi di grup. “Bisa bimbingan kapan lagi ya Pak?” “Apa lagi Zainab yang mau kamu konsultasikan?” balas beliau setelah ngobrol-ngobrol di chat akhirnya sampailah pada kesimpulan, bimbingan selanjutnya acc sidang. Dan Alhamdulillah lagi, saat bimbingan dengan Dospem dua, beliau bilang “oh gitu ya, ya sudah. Coba kamu simpulkan isi skripsinya” setelah aku jelaskan ulang “saya harus tanda tangan dimana?” aku serahkan buku bimbingan, dan formulir daftar sidang. Alhamdulillah ga bisa digambarin tuh bahagianya dapet tanda tangan Dospem buat sidang. Beberapa hari setelahnya aku janjian dengan Kholis buat ke rumah Dospem 1 untuk bimbingan sekalian acc, masih ada revisi sih tapi tetep di tandatanganin. “Sebelum dikumpulin jangan lupa di rapikan lagi ya” pesan beliau. Kebetulan saat itu hujan datang dan pergi tidak menentu, setelah bimbingan hujan malah turun dengan derasnya. Jadilah aku dan Kholis tertahan untuk ga pulang. Obrolan kami bersambung ke politik, kebetulan Dospemku ini sedang nyaleg dan beliau adalah konsultan keuangan dan politik, Kholis mantan anak Sosial Politik, cuma aku yang ga ada apa-apanya. Setelah hujan reda aku dan Kholis pulang tapi ternyata dijalan kita diguyur hujan lagi. untunglah skripsiku dalam jok motor, jadilah aku basah kuyup sampe kosan. 

Tanggal 21 Januari aku sudah mendapatkan tanda tangan dua dosen pembimbing, tinggal pemenuhan berkas-berkas lainnya. Setelah pulang hujan-hujanan, aku bersih-bersih lalu kembali membuka laptop, menyelesaikan revisi-revisi. Ternyata skripsi ini kalo diliat-liat terus malah makin banyak takut salahnya. Tapi kata temen ku Dospemnya bilang “Mau seperfect apapun kamu buat skripsi. Pasti akan disalah-salahkan nanti di ruang sidang” baiklah sekarang saatnya kita fahami baik-baik tiap isi skripsi ini.

Tanggal 22 Januari, setelah di edit lagi sama abang potokopi yang baik hati. akhirnya semua berkas sidangku komplit. Kebetulan jumlah bimbingan dengan dosen 2 kurang satu kali. Kata temenku gapapa minta aja. terus aku beranikanlah datang ke ruang dosen pembimbing. “Pak, ternyata jumlah bimbingan saya kurang satu” “oh iya? Perasaan kamu sering bimbingan. Mana sini saya tandatangan” Alhamdulillah lagi. 

Setelah ngelewatin sampai bisa daftar, keliatannya mudah. Mudah, karna ada Allah yang mudahkan. Oh iya, jadi dulu. Waktu masih liburan, aku sengaja sudah mempersiapkan baju putih dan jilbab putih, karna aku jarang banget makenya, jadi nanya sana-sini buat bisa nemuin dua helai pakaian itu. Kata ummi “Buat apa?” 
“Buat jadi alasan Allah izinin sidang pertama”
ini ajaran dari seorang teman. Intinya belajar cari alasan “kenapa harus Allah segerakan” (karna aku udah punya pakaian sidangnya😄) kira-kira sekitar jam 13.40 aku selesai menyetorkan semua berkas sidang. Dan kemudian terbitlah lapar! 

saya ucapkan terima kasih kepada segenap teman-teman yang sudah mensupport penulisan skripsi ini. Semoga Allah mudahkan juga sidang skripsi beserta sidang komprenya. Buat temen-temen yang masih berjuang menyelesaikan skripsi tetap semangat ! intinya jangan ditunda-tunda meskipun ga dapet sidang gelombang satu setidaknya sebelum gelombang dua buka skripsimu sudah siap untuk didaftarkan. segera selesaikan. Wasalam !

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Petualangan Skripsi (3)"

Posting Komentar