Petualangan Skripsi (1)

Salah satu rumus bahagia adalah mencintai apa yang dimiliki dan dijalani
Kalau difikir-fikir kanapa juga ya harus pusing-pusing banget ngerjain skripsi, padahal sebenernya ga ruwet-ruwet amat kaya ngerjain soal matematika yang rumusnya 2 lembar HVS. Yang buat skripsi ini jadi berat adalah karna difikirin, kalo ga difikirin pasti ga berat deh, asal dikerjain tiap hari, kontekan ama objek dan dospem serutin mungkin dan semangat ngetik dan nyari data. Ga ribet ya, iya ga ribet kok. Cuma yang ga bisa hilang. Yang buat skripsian itu berat adalah kepikiran tiap hari dan kudu kejer-kejeran konfirmasi data dan bimbingan dengan jadwal sidang dibulan Desember.

Setelah sebelumnya aku mengeluhkan ga semangat ngerjain skripsi ke Yazid sampe doi nanya “mau apa biar semangat?” akhirnnya doi sponsorin pendakianku ke gede karna emang udah direncanain. Aku ga punya alasan lagi buat ga semangat. Makasiloh bangandaku yang akhirnya aku merasa sungguhan punya abang !

Tidak bisa dipungkiri, pendakian ke gunung Gede itu adalah berkat skripsi yang tak kunjung maju jalan. Setelah pulang dan menjalani rutinitas kuliah dan skripsian ini aku sudah melakukan sebenar-benar azam untuk daftar sidang pertama disemester 7.

Beberapa minggu setelah mendaki, tersiarlah kabar bahwa 3 orang angkatan kami sudah acc menuju meja sidang. Envy! Sekalipun mereka bilang tugas akhirnya bukan skripsi tapi tetep aja. aku jadi iri. Ditambah seorang diantaranya adalah salah satu patner curcol tentang pendakian. Dan doi bilang bakal ke gunung Gede lalu ke Prau. Aihh... tertega emang pergi tanpa aku 😩

Aku ga punya alasan lagi buat ga semangat setelah turun dari gede, setelah udah disponsorin peralatan ndaki ama Yazid. Kemudian Perpustakaan adalah tempat wajib untuk selalu aku sambangi. Dan skripsi adalah hal wajib untuk selalu aku pandangi dan kerjai. Siapapun yang ngajak skripsian kemanapun aku ladeni. Meski sejujurnya tempat ternyaman untuk skripsian adalah kamar ditemani secangkir kopi.

Kejadian seperti hari Rabu lalu 28 Nov saat seorang teman ngajakin ke perpus UIN dan akhirnnya kita berangkat setelah sebelumnya ngejengukin temen SMPku yang sakit. Sesampainya di Perpus UIN temenku sibuk ngerjain skripsi. Aku? nulis puisi. Setelah akan pulang “udah dapet apa Nab?” “konten Blog” ku jawab sambil nyengir. Setelahnya saat aku ngajak doi ke perpus skripsian doi ketawa dan bilang “Bohong kamu. Bilang aja buat puisi” ya aku mah ke perpus nyari bahan daong, foto, terus pulang. Ngerjain di rumah.

Beberapa hari setelah ke Gede itu. Tiba-tiba aku diinvite ke dalam grup “Daftar Sidang” Desi teman ku yang ke gede juga masuk kedalamnya dan doi yang ngeh duluan “Ini grup apa Nab? Daftar sidang” ternyata grup itu adalah grup saling nyemangatin skripsi, yang hanya berisi 6 orang anak kelas. Digagas oleh Kholisoh si anak sawit. Dan tiap hari kerjanya ngajakin nongkrong ngerjain skripsi bareng. Hingga dua kali nihil sebab cuaca yang tidak mendukung. Akhirnya dia nongkrong dengan yang lain. Hingga aku menulis Petualangan Skripsi (1)  ini saat sedang nongkrong skripsi . yang akhirnya terealisasi.

“ngerjain bab berapa nab?” tanya Afra

“ngeblog yang isinya skripsi” aku, sambil nyengir.

Tiba-tiba aku berfikir bahwa untuk menyelesaikan skripsi ini, aku harus mencintai. Mari kita beri judul mencintai skripsi ini dengan Petualangan Skripsi. Karna aku mencintai petualangan dan ingin menyegerakannya setelah skripsian, maka akupun juga turut mencintai setiap proses pengerjaan skripsi ini dan semakin segera juga skripsi ku menuju meja sidang. Sampai bertemu dicerita petualangan Skripsi selanjutnya !

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Petualangan Skripsi (1)"

Posting Komentar