2ND TRIP AND AGAIN 3.078 MDPL

Buat yang kedua kalinya kaki ini kembali di izinkan menapak di atas ketinggian jawa barat, dengan segala hal yang keliatannya gak mungkin dan di raguin sama semua orang, walau di saat semangat udah sampai pada titik penghabisan dan usaha udah akan kita akhiri karna kelelahan. Kalau Allah udah berkehandak itu rasanya MasyaaAllah banget, ngagumin, ga terduga dan syukur banget, walaupun sampai detik ini belum bisa mempersembahkan suatu amalan berarti, hanya Alhamdulillah yang bisa jadi penganti.

Masih suasana libur semester satu, waktu itu

Jum’at 5 februari 2016, pagi jam 06.30 saatnya kembali ke tanah juang meskipun belum saatnya duduk lagi di bangku kuliah. masih ada tugas yang harus aku selesaiin hari itu dan ngejar dateline, akhirnya pagi-pagi banget tanpa mandi langsung go to jakarta. Di pesawatpun harus nyambi ngerjain tugas yang udah kejar tayang hari itu, karna ga bawa laptop balik ke pekanbaru jadi minjem laptop buk iin dulu dan bakal di balikin lagi setelah nyampe Depok ke pak ayat. Pukul 11.19 sampailah di kampus perjuangan dan Alhamdulillahnya Tugas udah beres tinggal send. Cerita punya cerita udah kontekan ama zila buat holidayan bareng, pengenya sih nanjak bareng lagi, tapi masih sekedar obrolan dan buat jadi kilahan dari seorang teman biar ga di paksa buat ngikut tripnya dia :D

Setelah kontekan ama zila, fix aku ke bandung secepatnya setelah dapat laptop pinjaman buat sedikit ngedit dan ngirim tugas. Waktu itu tiba-tiba aja rasanya pengen istirahat, cancel deh ke bandungnya, badan ga fit, kurang tidur semalem karna ngejar tugas yang berlembar-lembar. Tapi ga enak ama zila yang udah keburu semangat banget aku mau ke sana, akhirnya dengan terpaksa. jam 3.00 akhirnya caw juga ke bandung naik primajasa. Normalya ke bandung Cuma ngabisin waktu 4 jaman, you know how to me? 6 jam lebih vrohh L lelah sangat,, belum lagi turunya di tengah tol dan musti ngeGo-jek lagi ke telkom bandung.

Sampai di telkom packing ulang + solat ashar,magrib,isya yang musti di jamak karna kelamaan di jalan. Tepat jam 10.12 WIB akhirnya kita keluar asrama, karna bentar lagi asrama juga bakal di kunci, tanya ke sana-sini seputar transport buat ke majalengka. ada sih sebenernya di leuwi panjang, Cuma takut tengah malam gini udah ga ada elf aja. Setelah makan malam, sekitar jam 11.30han kita caw ngeGo-jek ke terminal lewui panjang dan Alhamdulillahnya ada, meski harus transit elf lagi di perampatan maja sampai di apuy, mana mahal lagi bayarnya bentar doang. Jam 2an lewat kita sampai di terminal majalengka.

Alhamdulillahnya lagi, di sana ada 2 regu pendaki yang bakal naik juga ke atas, jadi ga musti bayar mobil bak mahal-mahal karna bisa di kolektif ama kelompok lain.

Sekitar setengah jaman kita di sana, nego harga mobil sambil persiapin perbekalan yang masih kurang, akhirnya kita naik dengan muatan yang load dan tanjakan extrem yang buat deg-deg seer yang mengharuskan beberapa kali temen-temen pendakian harus turun dari mobil, karna ga kuku narik dalam keadaaan jalan licin abis di guyur hujan jam 10 malam tadi.

Alhasil kita sampai pos satu jam 3.20 dini hari, awalnya mau langsung nanjak sama zila berdua tapi setelah mikir-mikir karna di tahan juga ama pendaki lain dan di ajakin bareng ntar abis subuh nanjaknya, takut rawan hewan buas kalau malem. Akhirnya kita putusin buat nunggu azan subuh berkumandang sambil ngeteh buat ngilangin dingin di warung yang udah buka pagi itu.

Jam 4.20 kalo ga salah ada 8 orang, 3 perempuan, 5 laki-laki, ligkaran kecil di bentuk memohon kemudahan dan kelancaran pada sang maha cipta pagi itu, suasana masih sepi banget, pendaki lain masih pada molor di musola kecil dan pondokan-pondokan. Ngelewati pos perlengkapan dan eng ing eng, ternyata kita pendaki pertama hari itu dan kemren Cuma ada 3 regu yang ndaki lewat jalur situ. Awalnya gak kebayang gimana sepinya tuh hutan.

Trek di mulai, gak kayak pertama nanjak ciremai 17 agustus lalu yang debunya ngepul di mana-mana, karna abis di guyur hujan tanah keras dan sedikit becek menemani perjalanan kita pagi itu, semak-semak udah mulai merapat nutupin jalur pendakian karna jarang ada yang lewat abis libur musim panas dan rutinya hujan turun akhir-akhir ini.

Lagi-lagi nanjak tanpa preaper fisik, walaupun ga begitu berasa sih.. sedikit sport jantung aja, karna hawa masih dingin banget gak kayak yang dulu, baru mulai aja udah ampun pengen berenti karna panas ga ketolongan,

sepanjang perjalanan dari pos satu sampai pos 2 ga ada seorang pun yang kita jumpai, kita sampai pos 2 jam 5 subuh lewat. Sedikit minum dan foto-foto akhirnya kita melanjutkan perjalanan.

Jarak antara pos 2 ke pos 3 lumayan menghabiskan waktu yang lama, dan menguras tenaga, d tambah jalanan yang sedikit ngeraguin karna udah banyak yang ketutupan semak belukar.

Sampai pos 3 barulah kita bertemu dengan pendaki lain yang lagi ngecamp, katanya mereka kehujanan sore kemarin jadi harus ngecap di pos 3 dan bakal lanjutin perjalanan nanti setelah sarapan, jam menunjukan pukul 9 kurang. Teman-teman yang lain mutusin buat masak-masak dulu di pos 3. Berhubung aku ama zila udah rencana tektok dari awal dan sengaja ga bawa perlegkapan ngecamp dan masak, akhirnya setelah sedikit ngeganjel perut kita kembali ngelanjutin perjalanan berdua.

Sepiiiii bangett vrohhh,, ga ada manusia selain kita berdua di hutan belantara itu, kita ga terlalu banyak istirahat karna takut ga keburu turunya, dan gak mau ngambil resiko kemaleman di hutan. Selama perjalanan ke pos selanjutnya ada suara aneh yang kita denger, suara yang sempet beberapa detik menahan langkah kita buat lanjutin perjalanan dan nyiutin mental, suaranya kayak bunyi benda jatuh, terulang 2x. Seteah suara itu udah hening lagi ga ada suara, zila yang awalnya jalan di depan jadi mundur ga mau jalan duluan. Dan dengan sok okenya aku bilang, “gapapa kok zil, aman insyaAllah. Tetap hati-hati aja”
dan Alhamdulillahnya lagi kita ketemu ama pendaki lain jam 10 di pos 5 sangking sepinya yang ndaki mereka bilang “udah 3 hari di sini baru ini ketemu cewek” dan mereka pada gak nyangka kita Cuma berdua doang jalan di hutan sejauh itu. Gak banyak ngobrol ama mereka, walaupun di suruh mampir dan makan, tapi kita tetap ngelanjutin perjalanan, udah mau dekat gua walet jalanya mulai ga karuan, tanjakan tanpa bonus dan nguras tenaga banget, nafas udah mulai habis di ketinggian situ, capek banget rasanya. Langkah kita udah mulai berat dan pelan, banyak istirahat dan berhenti ngambil nafas.

Sepanjang jalan udah mau dekat gua walet kita sering ngelontarin pertanyaan yang itu-itu lagi, “kuat ga sampai puncak?” waktu itu sejujurnya aku ga kuat dan capek banget, di tambah kurang tidur dan bawa beban lebih berat ketimbang zila. Tapi aku bilang “jalanya pelan-pelan aja, kalo capek istirahat ga usah dipaksain” gimanapun aku ngehibur hati buat ngasih semangat, berasa hambar aja, tetep aja capek dan ga semangat. Jalan kita udah kaya siput, lama banget, ga tau kenapa padahal sebelumnya udah pernah ngelewatin trek ini. Tapi karna aku mengingat zila yang semangat banget, dan ngerelain niggalin agenda kampus dan udah ngeluarin uang yang juga gak sedikit, udah capek-capek, sayang banget kalo ga ngeliat indahnya kawah ciremai di atas sana, ga ngeliat samudra awan, ga ngeliat pucuk-pucuk gunung di sekitar jawa. Walaupun semangat kita udah semberautan pelan-pelan kita tetap jalan, dan setiap kali berhenti buat istirahat, kita selalu sama-sama nanya, “masih kuat?” dan akhirnya aku bilang, “kuat sampai puncak tanpa bawa beban” dan aku mutusin buat ninggalin barang bawaan di semak-semak, aku sih yakin aja buat ninggalinya, tapi zila yang ga yakin. Soalnya kalo aku ga yakin ninggalin barang bawaan, aku jadi ga yakin bisa sampai puncak dalam waktu singkat. Zila matokin bisa sampai puncak jam 12.00 kalau sampai jam 12 ga sampai pucak, kita stop sampai sana dan turun.

Akhirnya yakin ga yakin, aku ninggalin daypack di sekitar pepohonan edelwaise yang rada ke atas dan ketutupan semak, Di tandai dengan pohon mati yang di atasnya ada ikatan keresek warna kuning. Kita kembali ngelanjutin perjalanan, pelan-pelan ga banyak berhenti dan ga banyak ngomong. Trek udah mulai bebatuan, suasana udah mulai panas dengan pemandangan edelwaise di kanan-kiri yang ga menawan karna gak ada bunganya musim hujan gini.

Jam menunjukan pukul 11.30 pergerakan kita makin melambat, udah tinggal 30 menit lagi waktu yang kita batesin buat sampai puncak. Kita udah sampai di pos 6, beberapa meter di atas goa walet, sayup-sayup terdengar suara pendaki lain di bawah goa sana, tapi di sekeliling kita hanya ada pepohonan gersang dan bebatuan yang menemani, semangat kita udah bener-bener hilang dan ahirnya kita mutusin buat stop sampai di sana. Tepat di dekat tulisan goa walet, kita duduk di atas bebatuan besar dengan perasaan yang tidak tergambarkan.

Harusnya kalo kita udah stop di sana dan gak bakal lanjutin lagi, kita ngeluarin kamera buat ngedokumentasiin moment terakhir di gunung ini meski gak samapai puncak. Tapi aku sama zila, sama-sama diam dan ngelamun sibuk dengan fikiran masing-masing. Ga berapa lama aku ngajak zila foto-foto, masih dengan ekspresi biasa aja, zila neluarin kertas-kertas, ngeluarin hp buat foto-foto. Kita nulis sambil duduk di atas bebatuan, sambil liat-liat view yang bagus buat spot foto. Kurang lebih setelah 20 menit kita di sana.

Tiba-tiba dua orang pendaki muncul dari bawah jurang yang sambil nenteng dua buah drigent air, dan mereka kaget ngeliat kita Cuma berdua di sana. Singkat cerita sambil mereka rehat kita ngobrol-ngobrol tentang keadaan yang terjadi. Kebetulan benget mereka mau muncak siang ini dan katanya mau langsung turun karna kemaren udah ngecamp di goa walet. Akhirnya kami bersepakat buat muncak dan turun bareng, tapi lewat jalur linggar jati. Dan akhirnya tas yang tadinya aku tinggalin di bawah dekat jalur palutunganaku jemput lagi bareng dengan si aa. Turun lari-larian, naiknya kau ngost-ngosan lagi, huh... untungnya dengan baik hati si aa mau bawain day packnya.

Kita di ajakin makan siang dulu bareng sama mereka, ternyata mereka naik bertiga dua orang kakak adek, satu lagi teman kantor si kakak. jam menunjukan pukul 13.21 makanan baru dimasak, aku dan zila di suruh istirahat dulu sambilmasakan mateng, akhirnya aku memutuskan buat tidur bentar, menggantikan idur-tidur kemren yang kepotong, walaupun di tengah terik matahari, yang namanya lagi ngantuk dan capek ya tidur juga. Ga berapa lama guntur bunyi keras banget berasa dekat di telinga, pertanda hujan bakal turun.

“wah kayanya kita ga bisa muncak siang ini deh, soalnya kalo tetep siang ini dan hujan turun bakal bahaya, bisa kesamber petir kita.”kata a syarif “jadi kalian gimana?” aku dan zila saling pandang

“kalo gak siang ini nanti kita pulang telat dong a,kita seriusan gak bawa apa-apa selain perbekalan sekedarnya”kata zila

“kalo kalian mau, ga papa bareng kita, makanan bisalah, kita punya tenda, kita punya SB masalah tidur nanti bisa di atur. kalo kalian maksa mau naik siang ini bakal bahaya. tapi terserah sih, trus kalo langsung balik malam dalam keadaan hujan, rawan hewan buas, ini hutan masih lebat, masih ada meongnya.” Kata a syarif

Akhirnya dengan diskusi panjang akhirnya kita putusin buat bereng-bareng naik dan turun sama rombongan ini, kita mau cari aman, belum lagi setelah dengar cerita kalo di sini masih ada meongnya dan kemungkinan suara jatuh yang kami dengar di tengah hutan itu adalah suara meong yang loncat dari pohon. Ahh,, gak kebayang kalo ketemu meong di tengah jalan dan aku Cuma berdua ama zila.

Abis makan tenda di bangun dengan sangat-sangat saveti menghindari terjangan badai nanti malam. Dan teryata benar menjelang sore hujan turun dengan lebatnya, petir nyambar ke mana-mana, di ketinggian sini suara guntur kedengaran dekat banget. Hujan turun sampai malam, satu hal yang aku salut banget sama si aa ini, dia hujan-hujanan, dingin-dinginan buat jagain tenda dan buatin teh hangat, masakin mie instan “kalo di gunung perut ga boleh kosong, jangan sampai kedinginan, kalo hipo ntar malah nyusahin” ohh,, Allah salut banget sama orang yang kaya gini. inget kata a syarif siang tadi waktu lagi masak “tenang aja kita orang baik-baik kok. Tapi orang gak baik pun kalo di gunung pasti bakal jadi orang baik”

Pukul 03.40 kita bangun dan siap-siap buat muncak. Sarapan dan rapihin barang-barang yang bakal di bawa nanjak. Jam 5.30 Trek pun di mulai, jantung mulai sport lagi, pelan-pelan kita ndaki di pimpin olah a syarif, di susul aku dan zila, lalu a andre dan ihsan. Para pendaki dari sisi kanan dan diri mulai berdatangan, mungkin mereka lewat jalur palutugan, atau yang ngcamp di goa walet. Kurang lebih 2 jam kami melakukan pendakian dengan medan yang nanjak terus.

Selama perjalanan berlangsung a syarif yang memimpin rombongan terus memberikan semangat, “ayoo...ayo... bentar lagi nyampe nih,” padahal trek masih lumayan panjang ke depan, mungkin kalau jalurnya landai, dalam waktu 30 menit kita bakal sampai, tapi medan yang nguras tenaga banget gak memungkinkan kita buat lari-larian sampai atas sana.

A syarif berhenti beberapa tanjakan di atas kami, sambil memperhatikan keadaan sekeliling dari atas. “selamat” ucapnya pada ku dan zila saat kita telah berhasil menyusunya. Ahh,,.. sungguh kebahagiaan yang tak biasa di tukar dengan apapun, untuk ke-2 kalinya kaki ini berhasil menapak di dataran tinggi jawa barat. Mungkin buat sebagian pendaki ini hal biasa, tapi buat aku yang pemula dan pengalaman tanpa bekal dan tenda, ini luar biasa. Terlebih zila yang pingin banget naik sampai puncak.

Tibalah saatnya kita take action dengan kamera. Berbagai spot kita datangai, dan jalan di pinggiran kawah sambil terus mengabadikan moment dengan lensa. Ternyata pagi itu lumayan ramai yang muncak, kalo di kalkulasiin mungkin sekitar 150 orang.

Kurang lebih jam 10 kita baru turun dari puncak,huu.. rasanya berat mau ninggalin puncak ini, tapi kita naik untuk turun kembali, dan gak mungkin akan di sana terus. Jam 11 kurang kita udah sampai di tenda kembali. Aku dan zila masak buat makan siang, sedangkan a syarif, ihsan dan andre ngerapiin tenda. Usai makan kita lanjutin packing ulang barang-barang. Terus cuss ngambil air ke goa walet, meski yang turun ke goa Cuma a syarif, karana treknya lumayan nguras tenaga juga. kita nunggu di atas, sambil ngeliatin pendaki yang lain istirahat gelar tenda, masak dan ngobrol-ngobrol di bawah goa sana.

Matahari mulai terik menyengat kulit, a syarif baru sampai ke atas lagi jam 1 lebih, sambil ngobrol-ngobrol bentar dan kita lanjutkan expedisi pulang gunung itu. Jalur pulang kita ambil via palutungan, karna pas naik kita sama-sama via apuy. Pingin liat trek kata a syarif. Ternyata trek palutungan lebih landai di banding dengan apuy yang sedkit banyak nanjak. Banyak bonus yang bisa buat aku lari-larian. Zila masih seperti awal ndaki dulu, semangat naik dan turun perlahan.

Jalurnya sih enak, banyak bonus tapi panjangnya minta ampun,.. udah lari-larian berjam-jam berasa ga selesai-selesai sampai pos satu. Setiap nanya ke pendaki yang baru naik, semuanya bilang sebentar lagi. Perjalanan pulang di pimpin aku dan a syarif, lalu zila menyusul di belakang kemudian di susul oleh a adre dan ihsan.

Kaki udah panas rasanya, nahan beban dan badan yang di ajak lari-larian. Zila yang ketinggalan di belakang udah keliatan gak mood buat terus turun. Akhirnya setelah beberapa kali berpisah aku datangi zila yang berjalan dengan pelan menuju pos satu. “zila capek nab” katanya sambil cemberut. “orang-orang bohong semuanya. Katanya sebentar lagi... sebentar lagi. Udah dua jam kita turun masih lama juga pos satu.” Aku menyemangati keluhan zila sambil tertawa, “kalo naik gunung emang capek resikonya zila, yang penting ingat kita bentar lagi sampai pos satu, biar cepat sampai bandung lagi. Jangan di rasain jalanya.”

“iya.. zila capek nab. Tunggulah zila turunya.” Akhirnya aku dan zila turun bareng-bareng pelan-pelan, kalo ada jalan mulus datar, kita lari-larian bareng.

Jam 3 belum ada tanda-tanda perumahan penduduk, keluar masuk hutan yang ketemu hutan lagi. Sampai kita ketemu sungai kecil yang deras, gak jauh dari situ ada tulisan selamat datang. Disana ada musola juga, ada kamar mandi, ada tempat istirahat, udah ada transport motor yang bisa masuk. Kata orang-orang itu pos satu. Wah.. bererti udah dekat sampai kepos pendaftaran, au dan zila milih istiahat duduk lumayan jauh dari pendaki yang lain, di luar gapura selamat datang. Sambil ngobrol-gobrol. Zila udah ga semangat lagi di ajak foto-foto. Sekitar 20menit istirahat. kita lanjutin perjalanan.

Jalan datar dengan view semak belukar dan hutan yang gak lebat. Ternyata perjalanan dari sana sampai ke pos pendaftaran dekatnya sama aja bohong. Zila lagi-lagi merengek karna ga sampai-sampai ke pos pendaftaran. Hutan emang udah lewat, tapi semak-semaknya masih panjang, belum lagi kemudian kita ngelewatin perkebunan yang lumayan luas juga. Zila udah kaya anak kecil ngerengek minta mainan, mulai nangis kesel sama trek yang gak selesai-selesai.

Aku Cuma bisa semangatin zila sambil ketawa-tawa ngeliat tampangnya yang lucu banget. Kalo di tanya capek, ya sama aku juga capek. Kaki udah ga berasa lagi panasnya, uadah pedih tiap di bawa napak. Ya mau gimana lagi, ini resikonya kalo naik gunung. A syarif dan yang lainya jalan pelan-pelan jauh di belakang, pas kita ngelewatin mereka tadi mereka teriakin “kalo udah sampai teriakin aa ya zila”. Zila yang di aja ngomong tetep diam cemberut sambil jalan mencak-mencak kaya bocah. Setelah ngelewatin perkebunan sayur-sayuran kita ngelewati perternakan sapi. Ahh... emang bener-bener lama sampai pos pendaftaranya.

Gerimis lucu mulai turun sesekali. Jalanan sudah berubah jadi aspal. Aku dan zila mutusin buat duduk di pinggir jalan dekat pintu peternakan yang ada bapak-bapak lagi ngasih makan sapi. Kita tanyain pos pendaftaran masih lama apa enggak, kata bapaknya bentar lagi. Zila tetap aja cemberut ga semagat di ajak ngobrol. Sampai 3 teman kita yang lain datang nyusul. “mana pos pendaftaranya?” tanya a syarif. Pada zila masih diam aja, sambil cemberut.

Dari sana akhirnya kita jalan bareng-bareng. Gak jauh kita ketemu perumahan penduduk. Wah... bener-bener, ternyata pos pendaftaranya ada di pinggir jalan lintas desa Yang udah ada angkotnya. Hujan turun sedikit lebat, kita neduh di depan warung sebrang jalan pos pendaftaran. Kurang lebih 6 jam, perjalanan turun yang kita tempuh. Pantesan aja jauh banget, kalo lewat jalur apuy jam 4/3 mungkin kita udah samapi di pos pendaftaran, dan lajut pulang naik mobil bak. Kalo ini istilah naik mobil baknya kita lewatin dengan jalan kaki.

Akhirnya kita naik angkot sampai terminal yang lumayan jauh dan berpisah dengan rombongan yang udah bantuin kita selama pendakian, awalnya mau makan bareng dulu, tapi bus mereka ke cirebon terlanjur datang. Dan berpisahlah kita dengan ucapan terimakasih dan mohon maaf yang sebesar-besarnya dari aku dan zila.

Kemudian, aku dan zila makan soto di sebrang jalan sambil nungguin bus ke bandung. Tapi ternyata kita tidak diprtemukan, dan akhirnya naik bus kota dulu teruslanjut naik elf, wah.. kaki udah gak karuan rasanya di pengen di copot aja. Jam 2 malam baru sampai di terminal lewi panjang, terus turun dekat warung yang masih buka di pinggir jalan. You know? Itu nyeremin banget,, anak-anak ga jelas pada berserakan di pinggir jalan. Untungnya yang punya warung baik banget, akhirnya kita di cariin taksi bua sampai lagi ke Telkom.

Dan selesai lah perjalanan ndaki kita, mungkin next time bakal ada pendakian yang lebih seru lagi, dengan pengalaman yang tidak terduga > v <

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "2ND TRIP AND AGAIN 3.078 MDPL"