BERJAMA'AH


Baru dapat materi LQ beberapa silam lalu tentang amal jama’i, materi LQ yang aku baca sendiri dan aku di suruh nyampein materinya dengan gaya aku sendiri, dengan pendapat aku sendiri, dan cerita aku sendiri, dan semuanya adalah hasil karangan aku sendiri, berasa udah jadi murabbiah waktu itu, dan harus mempositifkan semuanya walaupun aku lebih suka menyendiri *sebel sih, tapi ga usah di bagi-bagi. Jadi bukan itu intinya.
Katanya berjama’ah itu lebih baik, ibaratkan sebatang lidi pasti ga bakal bisa ngebersihin halaman kalo dia Cuma sebatang, dia butuh teman buat jadi kuat dan hebat ngebersihin halaman itu. Perumpamaan ini bisa aku terima, karna aku masukin dalam materi halaqoh waktu itu. Sama kaya solat, berjama’ah lebih besar fadilahnya ketimbang sendiri.
Realita emang sering ga sesuai expetasi, harusnya masuk ke dalam jama’ah memudahkan, bisa saling bahu membahu nyelesaiin berbagai persoalan, dan punya tempat buat berbagi, setidaknya buat melepaskan emosi.
Nah jadi ceritanya....
Di ambil dari pengalaman nyata makan hati waktu liburan semester satu dan time to Soskam.
Waktu itu aku jadi mikir buat apa punya jama’ah? kalo pada akhirnya aku Cuma kerja sendirian, cape sendiri, panas-panasan sendiri, hujan-hujanan sendiri, presentasi sendiri, dan makan hati sendiri.
Jama’ah kemana jama’ah ??
Di saat harusnya aku  merasakan kebermanfaatan dari jama’ah, tapi nyatanya non seen, entah mungkin karna aku yang terlalu emosional, yang sok hebat mau ngerjain semuanya sendiri atau temen-temen yang terlalu sibuk dengan agenda liburan mereka, atau mereka yang terlalu ga bisa hujan-hujanan dan panas-panasan, atau aku yang terlalu ugal-ugalan berkendara dan ga bisa nyantai kalo ngomong, ah~ entah lah, kalo curhat gini jadinya ngeluh mulu   >_< 
Sekarang apa yang aku rasain ?
Sendiri lebih baik dari pada bersama tapi pada akhirnya juga sendiri di tambah makan hati lagi ._.
mungkin Allah lagi ngajarin aku arti kesabaran, aku yang kurang peka kali ya :D
Ya..ya..ya... bisa jadi...
Meskipun ga setiap soskam sih, makan hati gitu altough makasih buat temen-temen dan maaf aku ngomel-ngomel ga jelas trus pergi gitu aja, sepecial buat akhwat latif yang harusnya ga aku kacangin dan cuekin, jadi ngerasa bersalah dan serba salah gitu, mau marah tapi takut runtuh hatinya, berasa udah stop aja gak sangup punya temen lembut pake banget tiada duanya gini.
Bagaimanapun~ ya beginilah kehidupan, sebagai muslim harusnya respon yang aku beri kalo gak bersabar ya bersyukur,
Ga maksut kenapa-napa sih, narasi di atas hanya sekedar kenyataan yang pengen di ceritain aja, dan ga perlu di gosipin ke emak-emak tukang sayur.



“ajari aku arti kebersamaan tanpa beban, agar bahagia hadir tanpa alasan”

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BERJAMA'AH "

Posting Komentar