Pekan Seni Media


kemarin malam pertama kalinya aku menyaksikan pertunjukan wayang secara langsung pada acara pekan seni media 2017 yang ditampilkan oleh the wayang bocor. aku termasuk orang yang exited sama seni meski aku bukan seorang yang ahli dan menekuni bidang kesenian, tapi ngeliat karya seni itu rasanya suka banget. makanya sebelum agenda pekan seni media ini launching aku udah wanti-wanti harus banget datang kesana. ternyata gak nyesel banget ngeliat hasil kerja para seniman yang menggunakan alat elektronik dalam penerapan seninya. keren banget pokonya. terutama pertunjukan wayangnya, meskipun pada mulanya aku gak ngerti karna banyak menggunakan bahasa jawa. dan diawal pembukaan berasa horor dengan instrumen dan suasananya. ternyata kisah wayang ini menceritakan bagaimana awal mula islam datang ke pulau jawa, yang diakhir kisahnya ditutup dengan sholawat nabi yang syahdu didengar.

aku sempat kepikiran, keren ya caranya menyampaikan sejarah lewat seni, sejarah islam lagi yang diceritakan padahal rata-rata penonton yang hadir adalah remaja pecinta seni yang jelas banyak yang berpenampilan urakan layaknya seniman. bagus juga nih dicontoh untuk menyampaikan dakwah lewat seni, suatu yang berbeda dan gak disangka sama orang-orang.

dan yang lebih mengesankan adalah cara penampilan wayang yang banyak dikombinasi dengan mode masa kini namun tidak meghilangkan budaya jawa dan budaya melayu yang menjadi selingan.

jadi inget dulu waktu SMP aku pingin punya sanggar seni. sekarang malah ubah nama jadi gallery, hehe walau sebenernya kalo di teliti-teliti gak jauh beda tujuannya. meski saat ini masih jauh dari harapan.

semoga nanti bisa terhujut deh harapan gallery seni nya :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pekan Seni Media"

Posting Komentar