Explorer Marapi 2891 mdpl

Kita seperti layang-an yang harus di tarik ulur agar bisa melambung tinggi.

Pendakian bersama rekan-rekan El-ahsan generation. masih suasana liburan naik semester tiga. Selamat menikmati liburan buat yang masih menghirup udara segar kampung halaman.

jum’at sore di kediaman salah seorang teman se-angkatan Nurul di temani dengan seorang teman lain Wina. Kami mendiskusikan rencana pendakian gunung merapi yang masih menunggu kepastian. siapa saja yang akan dan kapan, akhirnya kita telfonin orang-orang yang kemunginan berminat pergi dalam pendakian ini. Setelah tarik-ulur tanggal karna banyak teman-teman yang bentrok jadwal. Akhirnya di sana kita mark kalender sediri, malam minggu, 23 juli 2016. semakin cepat semakin baik dan kalau kita gak ngambil jadwal sendiri, banyak yang minta renggang waktu yang entah sampai kapan pada bisa semua. Semoga yang sebagian bisa mewakili keseluruhan dari kita.

Biiznillah rencana ini terlaksana sesuai dengan schadul yang telah di rencanakan, meskipun ada kendala-kendala kecil. Sebelumnya terimakasih banyak buat teman-teman yang udah mewarnai pendakian ini (Wina, Nurul, Awal, Tholhah, Bang Andro).

Sabtu, Pukul 21.30 Aku dan Wina memulai perjalanan lebih dulu dengan menggunakan Mini trevel sedangkan yang lainya berencana akan berangkat dengan motor dan masih menunggu kepastian seorang teman (Irham) yang akhirnya di gantikan oleh bang Nandro. Malam itu hujan rintik hadir menemani perjalanan kami, tentunya juga dengan teman-teman yang berangkat menggunakan motor. Hujan rintik membuat baju mereka basah dan angin kencang malam itu juga yang akhirnya mengeringkan baju-baju mereka. Pukul 02.30 aku dan Wina telah tiba di kota Bukittinggi dan langsung mengontak teman-teman yang menggunakan motor. satu jam lebih kita kontak mereka namun tak satupun ada yang merespon telfon dan pesan yang di kirimkan. Akhirnya kita turun di pasar koto baru dini hari itu. Udara dingin menusuk kulit membuat bulu tangan bergidik. Kita masih berusaha ngehubungin teman-teman yang lain. Sampai akhirnya jam 3.30 Nurul mengangkat telfon dengan suara bergeter “kami semua mengigil, gak sanggup ngelanjutin perjalanan. Dingin, kami makan dulu ya”

Kalau sudah begitu ya ga bisa di paksain lagi, akhirnya aku dan Wina terpaksa harus menunggu di tengah dinginnya subuh sambil ngelist ulang perlengkapan yang belum tersedia. Selama satu jam lebih kita nunggu, setiap ada motor lewat kita noleh ke jalan, kali aja yang lewat teman-teman kita. Waktu itu rasanya rindu banget sama mereka, pingin ketemu banget huuu -,- sampai jam menunjukan pukul 4.45 dua buah motor melintas di depan pasar, “mereka nab, itu. Telfon..telfon..” aku segera tanggalin sarung tangan buat nelfon mereka. Dan ternyata benar mereka abis ngelawit pasar. Senang banget akhirnya ketemu walaupun kelewatan. Setelah mereka tiba, barulah Awal memperkenalkan personil baru yang bukan dari warga el-ahsan.

“kenalin nih, bang Nandro” begitu katanya, aku yang langsung nyaut.

“pangilnya abang ya?” ternyata emnag lebih tua dari pada kita-kita. bang Nandro ini mahasiswa semester 5 di UR jurusanya lupa aku apa. Emang dasar ga sopa wkwk ,, maaf bang Nandro, maaf juga sering salah panggil, kadanng jadi Ando, kadang jadi Andro :D

Waktu subuh telah tiba, karna motor-nya Cuma ada 2 jadilah kita ganti-gantian solat ke masjid yang ada di sebelah pasar. Pertama Tolhah yang pergi, di susul bang Nandro dan Awal, ternyata Tolhah balik duluan, jadilah kami ber tiga, aku, Nurul dan Wina milih jalan kaki aja ke masjid. sekalian mau pemansan. Ternyata udah sampai masjid, kamar mandinya tidak seperti yang kita harapkan, jadi kita balik lagi ke pasar buat jemput motor dan nyari masjid pakai motor aja. Sedangkan temen-temen cowo lainya istirahat. Usai solat di lanjutka mencari kebutuhan perlengkapan yang masih kurang, sampai kurang lebih jam 6.40 dan udah ada ibu-ibu yang gelar dagangannya di dekat kita. Sebenernya yang masih kurang di kita itu tenda, matras, kompor dan nesting. Kita tinggal tungguin toko sewa alat outdoor yang ada di seberang jalan buka. pas nanya ke ibunya, katanya jam 8 baru buka. Wah, lama sekali ya kita harus menunggu.

Langit udah cerah, gerimis lucu turun pagi itu, karna aku dan Wina belum makan, jadilah kita makan berdua. abisnya yang lain di ajakin makan katanya ga perlu, karna udah makan tadi subuh. Setelah makan kita balik lagi dan bengong cukup lama, karna tokonya ga buka-buka, akhirnya salah satu di antara kita nanya ke ibu yang buak lapak pagi itu, “ada lagi gak, yang rental alat outdoor selain di situ” katanya ada di simpang tanjakan merapi, akhirnya aku dan Wina caw cari tempat itu naik motor, dan alhasil kita ga dapat. Ada sih barangnya, tapi anak si ibu yang biasa ngurusin itu ga ada di rumah, trus kita balik lagi deh. Eh, ternyata toko rentalnya udah buka “itu buka pas kalian pergi tadi” kata Nurul.

Tapa ba bi bu lagi aku ama Wina langsung ke sana. Dua tenda, satu matras. Nesting nya ga sesuai kriteria dan kompor ga di sewakan, akhirnya kita balik sambil ngepack barang lagi. Mungkin kalo nyewa kompor sama nesting di tempat yang persimpangan tanjakan merapi itu biasa kali ya, aku mikirnya gitu, atau di deket sini ada yang sewa kompor.

So, yang cowo-cowo jalan bawa perlengkapan naik motor sedangkan kita yang cewe bertiga jalan sekalian tanya-tanya kompor, udah sampai ke tempat ibu di persipangan itu. Ternyata kompor dan nesting ga ada, yang ada tenda. Yah,, penonton kecewa, kan ga mungkin kita dua hari satu malam ga makan di atas sana. Trus kita ngobrol-ngorol lagi, hitung-hitung uang. Karna uang masih banyak akhrinya kita beli kompor dan panci baru.

jam 8 kurang kita naik di angsur-angsur, karna ga mungkin tarik tiga ngelewatin tanjakan sampai post satu. Perjalanan kita naik motor sampai pos satu itu masih dalam keadaan gerimis lucu, dan udara dingin yang buat aku gemeteran bawa motor, jilbab basah, jari-jari kaku, huweww,,.. berasa dalam kulkas.

Setelah sampai post satu, Aku dan awal nungguin Tolhah dan nurul jemput Wina dan bang Nandro. Sambil aku ngurus simaksi juga, bergetar-getar kedinginan. Kartok banget yes wkwk

Jam 8.58, kita udah siap nanjak. Buat lingkaran kecil dulu, do’a sama-sama sambil ngasih petuah-petuah, kaya mau ngapain aja wkkw .-. becanda aku mah.

Waktu naik, aku banyak ngomong banget, bilang nanti sumber air di sini-sini, nanti kita ketemu ini, kalo di gunung ini gini, sok jadi geters amatiran gitu. Ga capek kok, aku sambil ngomong gitu, iyalah pas nanjak awal aku ga bawa apa-apa. Haha Cuma tas selempangnya bang Nandro.

Tiba-tiba di tengah perjalanan ada suara lagu. ada yang nelfon dari hp aku. Nomornya ga dikenal. “hallo? Ini zainab?” lah aku bingung kan, aku tanya balik aja “ini siapa?” dia tanya balik “ ini zainab?” “ini siapa?” mau aku bercandain trus dia bilang “ada nurulnya?” mati aku “rul ini nomor siapa?”aku langsung liatin layar hp “bapak ku” buahaha, ternyata eh, ternyata bapak nurul yang nelfon.

Kita terus jalan sambil ngobrol-ngobrol, ga begitu banyak istirahat. Dan ga sampai satu jam kita sampai di post dua. eh ga tau pokonya sumber air pertama deh, yang ada mushollanya. Istirahat bentar, ke kamar mandi, ngambil air es, trus lanjut lagi jalan.

Ga perlu terlalu detail lah yes, ceritainya, perjalanan awalnya di pimpin oleh aku trus di susul Wina, Tolhah, dibelkangnya ada Nurul terus ada bang Nandro kemuadian ada Awal. Tapi susunan kita ga selamnya gitu, kadang bang Nandro di depan, pernah Nurul juga, kadang Wina, Tolhah juga. kecuali Awal >.< wkwk dasar lelaki. Keliatan cape kesusahan di suruh tukaran tas katanya engga. sok strong tapi kebelakang mulu huu, ._.

Setelah ngelewatin jembatan ada yang dagang gorengan. kita beli goreng dulu, istirahat sambil ngobrol dan makan goreng. Lanjut jalan lagi, mungin sepanjang perjalanan itu yang paling banyak ngomong aku kali ya. sebenernya aku kalem kok. Cuma mau buat temen-temen yang lain semangat aja, makanya aku banyak bicara. Semuanya aman-aman sampai kira-kira jam 11/12an. Kita udah mulai banyak berhenti, dan jarak antara satu dan lainya kadang deket kadang sampe gak keliatan, kadang hilang dan harus nunggu beberapa menit. Udah berasa capekya tengah hari itu. di tambah ada rintik-rintik air yang menemeni perjalanan kita yang aku ga tau itu hujan apa kita lagi ada di dalam awan.

Ada kejadian yang sedikit mengganjal dan buat aku gak enak pas naik waktu udah deket-deket sama pintu angin. Waktu itu yang mimpin perjalanan Tolhah, dia semangat banget jalanya. Dan aku udah bawa beban yang tadinya di bawa sama Nurul. Nah kejadiannya itu ga tau berawal dari mana. tiba-tiba Nurul jadi cemberut dan jalanya lamaaaaaa banget. Aku yang ngeliat ekspresi bad moodnya dia yang bisa ngancurin suasana hati itu langsung diam nungguin dia dan jalan bareng sama dia, sambil naya-nanya. sebenernya kenapa sih. Capek? Sama kok aku juga, marah karna ga di tungguin? ini aku tunguin, karna di ga ngerespon-respon di ajakin ngomong ya udah aku diam aja. Tapi tetep jalan bareng sama dia, dan di belakng kami masih ada bang Nandro dan Awal.

Tolhah teriak-teriak waktu udah sampai Pintu Angin Nurul tetep diam aja, dengan ekspresi bad “benter lagi pintu angin rul” aku udah kaya bicara sama batu jelek. Ngebeteiin banget tau. Tapi aku stay calem kok. Bawa happy aja. Aku liat Wina juga capek, Awal juga capek, tapi ga begitu banget bad-nya. sampe buat ga enak hati.

Udah sampai pintu angin, Kita Ketemu sama pendaki lain yang mau turun dan dapat kabar kalau sumber air satu-satunya yang bia di pakai buat minum Cuma di puncak dekat taman edelwaises. Terus kita di kasih bahan bakar sama mereka dua botol.

Setelah semuanya sampai Pintu Angin kita makan coklat dulu sambil ngeliatin pemandangan kota Bukit Tinggi dari atas sana. Cukup lama kita istirahat.



Ga beberap lama, tapi nguras tenaga juga karna naik turun batu, kita pilih-pilih tempat, tukar tambah, ganti. Dan akhirnya terpilih lah satu tempat buat dirin tenda, ga begitu luas sih, tapi cukuplah buat diriin dua tenda. Dan space baut makan dan masak. Waktu itu kira-kira jam 3 kurang. warbiyasa amaizing kan. cepet banget kita niaknya, wajar kalo Nurul capek sampe sebegitu  jelek banget.

Pas gelar tenada, eng-ing-eng ternyata tendanya banyak cacat di sana-sini, karna aku ga periksa dulu tadi pas ngambil. ya namanya juga buru-buru, maafkan aku temen-teman ceroboh sekali.

Dan yang bisa berdiri Cuma satu tenda meski ada bolongnya dan framenya harus dibantu pakai sepidol. yang satu lagi kekurangan frame banget. Sambil yang cowo-cowo cari cara diriin tenda kita yang cewe masak nasi buat makan siang yang di jamak sama sore

Karna yang sukses duluan nasinya dari pada tendanya, akhirnya kita makan dulu. Abis itu yang cowo siap-siap ngambil air ke taman edelwaises di puncak. Bawa satu tas dan di isi dengan botol-botol kosong.

Udah beresin barang-barang di tenda yang satu. aku sama Wina coba diriin tenda yang cacat banget itu. Pas lagi coba-coba diriin ada abang-abang yang liat dan tanya. “bisa buk? Perlu bantuan gak?” aku kan mau coba-coba doang, ya aku jawab “ga pak, bisa awak pak” ternyata selama aku coba-coba dia liatin, uuh >,< kan malu jelas ga berdiri-diri lah tendanya, orang framenya kurang. Abis itu dia datang bantuin kita sama 3 orang temanya. “Ini emang ga bisa berdiri buk, katanya” si Abang sama temen-temenya sambil ketawa-ketawa bilang ini begini-begitu. dia tanya di mana sewanya, terus ujung-ujungya kita di kasih pinjaman tenda dan matras. karana kebetulan si Abang turun sore ini setelah temanya turun dari puncak. Banyak deh cerita si Abang. aku dengerin aja sambil ngerespon dikit-dikit, dia bicara trus sambil diriin tenda dan sambil aku bantuin juga buat dobelin tenda biar anti badai dan air ga masuk kalau hujan nanti malam. Jam 6 kurang tenda satu lagi berdiri. jadilah tenda kita dua. Jadi enak deh kitanya :D si Abang baik banget wkwk. Namanya kalo ga salah Farhan. kuliah di mana gitu, emang anak gunung dan bentar lagi mau wisuda. tapi bandel .-. pas temen-temen lagi tes menjelang kelulusan dia malah naik gunung buat tulisan semangat tes buat teman-teman. Kocak kan, buat apa coba dia semangatin temen-temennya? sedangkan dia gak ikutan tes. Terus si Abang minta nomer hp biar nanti gampang kalo mau hubungin ngembaliin tenda. kita kasih nomornya si Awal tapi namanya Wina. Wkwk maap ya wal.

Jam 6 lewat temenya si Abang belum turun dan mereka ngobrol sama ibu kumis. tau dah ga ngerti, tapi manggilnya gitu. Aku sama wina foto-foto sedangkan si Nurul capek banget jadi dia istirahat. Di tenda yang udah cantik. Bertambah sore udara semakin dingin aja. Kita udah ngeluarin jaket trus pakai sarung tangan. Akhirnya kita masuk ke tenda yang satu lagi, sedangkan nurul tidur ditenda yang cantik sendirian. Udah ngeringkuk, duduk rapet, ngunging-nungging ga tau gimana mau ngilangin dingin. Di luar sana angin udah gerasak-gerusuk aku tidur bentar meski dalam keadaan duduk dan gak nyaman, bangun udah keram-keram tangan sama kaki. Jam 7.30 kita bangun di luar angin kencang banget rasanya ga saggup buat keluar, udah gelap juga. Tapi teman-teman kita yang ngambil air di puncak belum juga turun. Allah. tadi waktu aku suruh bawa senter si Awal malah ga bawa lagi. gimana mereka turunya nanti. Dan aku sama Wina bongkar-bongkar barang, cari senter dan paksain keluar menghadang angin meskipun kita ciut juga kedinginan. Sekitar 20 menit kemudian mereka datang sambil bergetar-getar. Aku langsung hidupin kompor, buat masak air panas. Mereka sedih banget keliatannya. Udah gak pada pakai jaket, jalan bermodalkan senter hp buat bertiga, bawa air banyak lagi.

Udah pada ribut aja bertiga, kita dengerin kwkwk,, maaf kan ya, salah siapa ga pakai jaket ga bawa senter? Eh, ga boleh saling salah-salahan kan :D

kata Awal langsung masak mie aja. ya udah aku msak mie aja langsung. Pena yang kita jadiin buat ngaduk nasi tadi siag ga tau di mana, dan akhrirnya terpaksa ngeduk Mienya pakai sikat gigi. Dan sikat giginya punya aku. Yes sudah lah.

Kita makan mie di kobok aja di dalam panci makan bareng-bareng, meskipun masih berasap-asap gitu. gak panas kok tangan kita ngobok-ngobok mie baru mateng, abis tangan kita udah mati rasa kebekuan. Setelah cuci Panci pakai tisue basah kita lanjut masak kopi,. Malam itu kita ngobrol-ngobrol di luar tenda. Anginnya ngajak berantem. kita ngalah aja deh, dari pada kalah. Yang lain udah pada msuk tenda. bang Nandro sama Awal masih ngopi dan ngobrol di luar tenda. Aku ga ngantuk sih, mau tidur, tapi ga bisa. udah diem ngeringkuk kaya trengiling. Wina katanya kedinginn. Mana dia tipis banget lagi, kan aku jadi takut kalo dia hipotermia. aku suruh dia pindah ke tengah. Suruh lipat kakinya, sambil aku impit juga kakinya. Nurul sedih katanya, ga di peduliin. dia bilang gitu  waktu pagi, maafkan aku rul :D ini darura.

Dan malam itu turunlah hujan, basah-basah dikit terasa masuk tenda. gerasak-gerusk ga jelas sampe pagi jam 5.00. alarm Hp aku bunyi. Aku teriak-teriak pangggil Awal, kataya mau naik pagi-pagi, tapi pada  nyiut nyali liat suhu. Ntar malah jadi batu es kan malah repot.

Jam 6 keluar teda, buat air panas sambil ngabis-ngabisin bahan bakar yang di kasih orang kemrin, buat hangatin tubuh. lumayan lah, meski ga bertahan lama. Setelah apinya mati jam 6.30 masuk lagi, gak kuat anginya ngamuk-ngamuk di luar. Jam 7 keluar lagi, suasana udah mulai terang. Tapi sushu tetepa aja ga karuan. Kita keluar tenda, minum air sambil ngobrol-ngobrol dan masak nasi. Kata Awal masak nasi yang banyak aja sekalin karna mau turun. Pas lagi masak nasi yang lain pada bongkar-bongkar cari camilan. ketemulah Gabin kemarin siang yang udah hancur-hancur. aku yang lagi masak nasi di sodoron gabin sama bang Nandro,. berasa kaya Ayam aku lagi jongkok masak nasi di suapin gabinn wkwk, ingat aku kan bang :D

Lama banget masak nasinya kekurangan air terus. Sambil foto-foto kita nunguin nasi mateng, trus sambil lipat tenda juga, karna mau dititipin ke ibu kumis yang katanya mau turun pagi ini, kata si abang Farhan.

Dan ternyata kita ga jadi ke puncak, udah pada males kayaknya. Aku sih fine aja, ga kepo. Soalnya udah pernah sampai punak. yang belum tingal Wina sama Nurul. Tapi kalo Nurul seperti tidak berhasrat naik kepuncak. Wina mau sih, tapi ngeliat kita-kita pada ogah jadi dia ga semangat.

Jam 11 semuanya udah selesai di packing kita juga udah selesai foto-fotonya dan cawlah kita turun ke bawah. Turunya juga sama aja capeknya dan tetap si Awal selalu di balakang, dia ga mau jalan kalo orang di depanya belum jalan. kita lebih banyak pisah-pisahnya waktu pulang. Pertama Tolhah yang duluan hilang, terus gabung lagi, kadang aku yang duluan, kadang Wina. Kayaknya trun gunung kali ini Aku lebih kalem gak pake jatuh-jatuhan dan nabrak-nabrak batang pohon. be better then befor lah.

Meet poinnya adalah tempat kita makan goreng kemarin waktu naik dan kita targetin udah sampai bawah jam 3.  jam 3 kurang kita udah samai di warung ibu goreng, tapis sayang ibunya ga jualan hari senin. kita istirahat di sana agak lama, terus jalan lagi. pas udah sampai ke sumber air pertama yang ada musollanya, aku di panggil sama orang. Aku ga ngeh banget suer dah. Dia bilang “udah lupa ibu sama awak ya” eh, langsung di coel wina. itu yang minjamin kita tenda. Langsung ngeh deh “eh, jumpa awak siko pak, tenda lah awak titip jo ibu kumis tu pak.makasih yo pak. Kalau tau jumpa sini awak, anacak bawak turun le tenda tu.” Aku bicara sambil tetep jalan ke tempat duduk yang ada di sana. Trus wina minta temenin ke kamar mandi. Abis dari kamar mandi aku foto-foto bentar dekat bendera. ada yang wawancarain aku di sana. katanya aku anak santri. aku bilang engga, aku mahasiswa ekonomi. terus dia bilang mau main kerumah, biar di servis jadi kaya aku. terus dia bilang pasti instagram aku isinya foto-foto bunga terus ada kata-kata islaminya, atau foto tutup muka dari samping terus ada tulisan-tulisanya. Lucu ih dengernya, kocak kau kak. Aneh kali ya,  aku pakai jilbab panjang. padahal kalo aku bilang ini mah standar.

Ternyat si Abang yang pinjemin tenda itu lagi ngobrol sama temen-temen aku, terus dia ceritain kejadian yang aku ga mau dibantuin buat diriin tenda. ihh malu aku bang. Setelah pamitan dan mengucapkan teimaksih dan salam perpisahan kita lajut jalan. dan sesuai prediksi, jam 3 kita sampai di post satu lagi. Wah,, pemula yang luar biasa, cepet banget ndakinya.

Sampai bawah, tempat yang kita cari pertama kali adalah rumah makan. Kata awal, mau makan yang bener-bener makanan. Emang di gunung kemaren makan apa dia :v ?

Aku tiba-tiba jadi ga selera makan udah sampai rumah makan. jadi aku balikin tenda aja deh waktu yang lain makan. Untungnya si kakak mau kurangin harga tenda setelah aku jelasin kalo tendanya yang satu ga jadi di pakai jadi yang kita bayar Cuma satu tenda dan satu matras.

Dan sampe ke rumah makan lagi Awal nyamperin. katanya bang Nandro ga kuat kalau balik malam ini, kayaknya ga enak badan soalnya kemari pas turun dari ngambil air. Awalnya emang kesepakatan ganti-gantian bawa airnya., eh, nyatanya pas turun dari puncak merpati yang bawa air bang Nandro doang. Karna Tolhah sama Awal udah sempoyongan di terpa angin.

Ya sudah lah, gapapa kalo gitu mah, jangan sampe ngebahayain diri aja. Kalo butuh istiarahat ya istirahat aja dulu, kalo aku sama wina kan naik travel dan kita ga bisa di tunda juga pulangnya, nanti pasti di telpon-telponin orang tua.

Setelah makan kita istirahat di Mesjid depan MAN Koto Baru. sampai habis isya dan Mesjidnya mau ditutup. Aku ngerasa aneh waktu itu. Ngerasa di perhatiin anak-anak MAN. Mungkin aku di kira warga MAN kali yes, karna gayanya masih kaya anak Santri. Terus aku tanyain aja sama temen-temen “aku masih kaya anak SMA ya? “ giles yang lain malah ketwa denger aku nanya gitu. ga lama abang travel nelfon katanya udah sampai. Aku dan Wina berpisah dengan rombongan temen-temen yang naik motor.

Kita sampai di kost Wina jam 3 pagi sedangkan yang naik motor sampai PKU jam 7 pagi.

Sekian cerita pendakian marapi pada tanggal 24-25 juli 2016 lalu. Sebenernya udah start nulis dari turun dari nanjak, tapi ngelanjutin tulisanya males banget akunya. karna di kejar tulisn-tulisan yang lain.

Maaf buat teman-teman pendakian, mungkin ada tutur kata yang tidak berkenan selama Pendakian dan terimaksih yang sebesar-besarnya sudah mewarnai Pendakian dadakan ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Explorer Marapi 2891 mdpl"

Posting Komentar